Perpustakaan Desa Sebagai Pusat Kebudayaan Desa

Demak, 05/10/2017

Desa Kerangkulon Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak terus meningkatkan pelayanan dan kualitas dari Perpustakaan Desa “Cempaka” Desa Kerangkulon. Sejak didirikan Agustus lalu, Perpusdes Cempaka semakin meningkatkan kuantitas sosialisasi ke warga akan keberadaan perpustakaan di Desa Kerangkulon. Setiap hari tidak kurang dari lima puluh pemustaka datang silih berganti. Meraka adalah anak-anak sekolah di sekitar desa kerangkulon, baik dari level anak-anak yang mengenyam bangku Sekolah Dasar maupun di level Madrasah Tsanawiyah (MTs/SMP) dan Madrasah Aliyah (MA/SMA/SMK).

Pasca ditetapkan sebagai Juara I Lomba Perpustakaan Desa tingkat Kabupaten Demak, Perpustakaan Desa Kerangkulon menjadi semakin ramai dalam setiap harinya. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Perpustakaan Desa “Cempaka” Kerangkulon antara lain adalah Koleksi buku perpustakaan yang masih baru, Sistem Pelayanan yang sudah menggunakan sistem Barcode Scanner dengan aplikasi GenLib, dan juga Internet Gratis. Meskipun demikian Masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi dalam pengolahan data dan pengelolaan perpustkaan disamping juga menambah koleksi buku perpustakaan. Sampai sejauh ini koleksi buku yang ada baru mencapai 1200 buah.

Harapan besar disematkan kembali di pundak para pengurus Perpustakaan desa, hal ini dikarenakan pada awal tahun 2018 nanti Perpusdes cempaka akan mewakili Kabupaten Demak dalam mengikuti Perlombaan serupa di tingkat Provinsi Jawa Tengah. Berbagai kegiatan dan peningkatan kapasitas dari pengelola perpustakaan pun terus di tingkatkan agar kedepan bisa lebih semakin maju dan bermanfaat bagi warga desa kerangkulon. (Panji/AB).

 

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply