Perpusdes Cempaka Study Banding ke Perpusdes Kucica Jepara

Kades dan Pengurus Perpusdes Cempaka bersama dg Kades Tulakan

Desa Kerangkulon, (21/09/2017)

Kepala Desa Kerangkulon Ahmad Saifudin Ridwan bersama dengan 4 orang Pengurus perpustakaan Cempaka mengikuti studi banding yang dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Demak ke Perpusdes Kucica Desa Tulakan Kec Donorejo Kab Jepara, selasa kemarin.

Kegiatan yang bertujuan untuk mereplikasi terbentuknya perpugstakaan seru di seluruh perpustakaan desa percontohan yang ad di kabupaten Demak, sehingga keberadaan Perpustakaan desa bukan semata-mata sebagai tempat membaca saja namun lebih ditekankan kepada kegiatan aplikatif sebagai peningkatan kompetensi warganya.

Perpusdes Kucica (Kucinta Baca)  milik pemerintah desa Tulakan Donorejo Jepara merupakan perpustakaan salah satu perpustakaan yang mendapatakan CSR dari Program Coca Cola Foundation (CCF) berupa 3 buah komputer dan berbagai jenis peningkatan, pelatihan kapasitas bagi para pegiat perpustakaan dan pemustaka. Selain itu juga keberpihakan dari Pemerintah Desa Tulakan terhadap keberlangsungan dari Perpusdes Kucica patut diacungi jempol. Pasalnya dalam setiap tahun anggaran perpuseru mendapat alokasi 15 juta rupiah.

“Pemerintah Desa Tulakan mengalokasikan 15jt per tahun untuk perpus, disamping itu dengan banyaknya Perangkat Desa yg berjumlah 38 orang sangat membantu sekali dalam proses operasionalisasi perpustakaan.” ungkap Pak kades Tulakan.

Dalam kunjungan study banding ke jepara yang dibidani oleh Perpusda Kab Demak tersebut juga diikuti oleh pengurus Perpusdes Mandung Wedung, Perpusdes Jogoloyo, Perpuseni Tlogorejo Karangawen, Perpusdes Banjarsari Gajah dan perpusdes Pamongan Guntur.

Suasana di dalam gedung Perpuseru Kucica Tulakan Jepara, (21/11/2017).

Peserta study banding disambut langsung oleh Kepala Desa Tulakan dan Muspika Kecamatan Donorejo. Setelah acara penyambutan dilanjutkan dengan tinjauan langsung ke ruangan perpuseru dan gudang arsip yang berada di lantai dua.

Banyak hal yang didapatkan oleh para peserta studi banding, seperti yang disampaikan Edi Kusmanto dari Perpusdes Cempaka.

“Banyak manfaatnya salah satunya kita bisa melihat kekurangan dari perpusdes yang kami kelola sehingga bisa meninggkatkan advokasi, fasilitas, dan administrasi dari Perpusdes tersebut”, Tegas Kepala Perpusdes Cempaka.

Pasca kunjungan dari Perpusdes Kucica rombongan melanjutkan perjalanan wisata ke Benteng Portugis. (Panji Ab).

 

 

Facebook Comments

1 Comment

Leave a Reply