Open Goverment Dalam Konsep KemandiriaN Desa

Open Government merupakan sebuah upaya dalam meningkatkan transparansi, keterlibatan dan akuntabilitas pemerintah yang dapat memulihkan kepercayaan negara serta dalam rangka untuk mendorong pertumbuhan yang inklusif.
Open Government jika diletakan dalam konteks kemandirian desa, berdasarkan pengalaman mengelola desa panggungharjo dari mulai tahun 2012 – 2018 ini, menjadi bagian penting dalam rangka untuk mendorong agar kapasitas social yang merupakan kunci kemandirian desa tersebut bertransformasi menjadi modal social sebagaimana yang dipahami sebagai partisipasi.
Partisipasi masyarakat berkorelasi positif dengan tingkat kepercayaan masyarakat, semakin tinggi tingkat kepercayaan, semakin mudah pula partisipasi dilahirkan, sehingga dalam rangka untuk mengembalikan kepercayaan warga negara kepada Negara tersebut, membangun kapasitas politik dan kepemimpinan serta kapasitas proses dan birokrasi dari pemerintahan desalah yang kemudian digunakan untuk kepentingan tersebut.
Salah satu upaya dalam rangka untuk membangun kapasitas proses dan birokrasi, pemerintah desa panggungharjo sejak awal tahun 2013 telah meletakan dasar-dasar reformasi birokrasi dengan tahapan awal yaitu dengan membangun pola hubungan yang baru antara pemerintah desa dan warga desa dengan cara mengembangkan dimensi pelayanan public tidak hanya sebatas pelayanan administrasi public saja tetapi juga mengembangkan pelayanan barang dan jasa public yang kemudian diikuti dengan melakukan penyesuaian tata kelembagaan desa melalui pemberdayaan lembaga lembaga desa serta tahapan terakhir yaitu dengan membangun kultur birokrasi pemerintahan desa yang meliputi upaya untuk membangun akuntabilitas, membangun partisipasi serta membangun transparansi.
Terkait dengan transparansi, upaya untuk meningkatkan akses warga desa atas data dan informasi public disamping dibangun melalui sistem informasi desa melalui portal desa, serta mengembangkan satu media komunikasi kebijakan public yang memungkinkan warga desa dan pemerintah desa saling berkomunikasi terkait dengan apa apa yang akan serta apa apa yang telah dilakukan oleh pemerintah desa. Pemerintah Desa juga mendorong agar tidak hanya data dan informasi yang dikelola oleh pemerintah desa saja yang menjadi domain dari informasi public tetapi juga data dan informasi yang dikelola oleh lembaga desa salah satunya adalah BUMDes Panggung Lestari. Sehingga sejak tahun 2017, Pemerintah Desa Panggungharjo – BUMDes Panggung Lestari dengan bekerjasama dengan bumdes.id mengimplementasikan satu system aplikasi keuangan berbasis web, sehingga memungkinkan public mengetahui perkembangan dari BUMDes Panggung Lestari secara on line. Hal ini sebagai wujud komitmen untuk menjadikan data dan informasi yang dikelola oleh BUMDes Panggung Lestari sebagai bagian dari data public sebagaimana yang digariskan dalam standar minimal tata kelola BUMDes Panggung Lestari yang meliputi
1.Tata pengurusan yang baik
2.Inovatif dalam pendayagunaan sumber daya dan potensi desa
3.Manajemen SDM yang profesional
4.Manajemen keuangan yang terbuka dan terpercaya
5.Partisipatif dalam pengambilan keputusan strategis
6.Transparansi informasi
7.Pencegahan konflik kepentingan

Berikut adalah langkah-langkah untuk memperoleh data dan informasi perkembangan BUMDes Panggung Lestari melalui Sistem Aplikasi Akuntasi BUMDes (SAAB)

Website : bumdes.id/panggunglestari
Username : panggung1
Password :12345

Besar harapan agar inisiatif baik ini kemudian bisa mendorong BUMDes yang lainnya untuk membuka data dan informasi yang dikelola kepada public sehingga hal ini bisa menjadi bagian dari instrument untuk meningkatkan kepercayaan negara kepada pemerintahan desa dan yang jauh lebih penting adalah untuk mengembalikan kepercayaan warga desa kepada pemerintah desa, atau bahkan tidak hanya BUMDes tetapi juga mendorong pemerintah untuk menjadikan data dan informasi yang dikelola oleh BUMN dan BUMD sebagai data public

Mugi manfaat

Copas dari Status FB Wahyu Anggoro Hadi

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply