Monev ke 15 Dinpermasdes P2KB di Desa Kerangkulon

Monitoring DD ADD oleh Dinpermasdes P2KB Kab Demak di Desa Kerangkulon

 

Desa Kerangkulon, 17/10/2017

Pemerintah Kabupaten Demak melalui Dinpermasdes P2KB melakukan monitoring dan evaluasi (monev) penggunaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2017. Tahun ini penggunaan dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat itu difokuskan untuk pembangunan infrastruktur, salah satunya di desa Kerangkulon.

Kegiatan tersebut dilakukan guna memantau hasil kerja yang dilakukan pihak desa dalam penyerapan anggaran DD dan ADD sesuai petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (Juknis).

“Pada hari ini ada tiga desa, dan merupakan monev ke 13-15 yang  dimonitoring dan dievaluasi hasil kerjanya. Ini kami lakukan agar penggunaan DD sesuai perencanaan,” kata Ibu Bening ketua tim monev dari DInpermasdes P2KB Kab Demak kepada Reporter website, tadi siang.

Tinjauan tersebut dilakukan untuk melihat secara langsung hasil pekerjaan fisik berupa pembangunan infrastruktur jalan yang berada di tiga desa tersebut. “Hari ini kami adakan tinjauan ke Desa Mrisen, Mojodemak, dan Kerangkulon” ujarnya.

Dikatakannya, pembangunan fisik maupun non fisik itu untuk memastikan pembangunan tersebut sesuai program, sekaligus mengecek berapa jalan yang masih belum diperbaiki. “Selain memeriksa pembangunan jalan, kami juga mengecek berapa persen jalan yang masih dalam keadaan rusak,” ujar Bu Bening.

Secara Terpisah   Kepala Desa Kerangkulon Ahmad Saifudin Ridwan menyampaikan bahwasanya Monev sangat penting sekali dilakukan bahwasanya administrasi dan pelaksanaan program pembangunan bisa di evaluasi lebih awal sehingga bisa meminimalisir kesalahan-kesalahan yang tidak perlu.

                                   Suasana Monev DD ADD di Desa Kerangkulon

Hal senada juga dikatakan Mohammad Amrin, Pendamping Lokal Desa Kerangkulon. Ia mengatakan, monitoring perlu dilakukan agar tidak terjadi kekeliruan mengenai penerapan DD yang ada di desa-desa. “Sebagai pembimbing desa, kami juga berupaya memberikan informasi mengenai pembangunan dan penerapan DD sesuai petunjuk teknis,” ujarnya.

Dikatakannya pemerataan pembangunan infrastruktur jalan terus dilakukan diwilayah Wonosalam, mulai dari peningkatan jalan tanah menjadi onderlagh, lapen, hotmix hingga beton bahkan Talud. “Tidak hanya itu jalan tanah juga dievaluasi, berapa persen yang masih belum dibangun,” pungkasnya.

Dalam penyampaian hasil Monitoring dan Evaluasi yang disampaikan oleh tim Monev, secara umum pencapaian realisasi kegiatan maupun SPJ Kegiatan DD dan ADD di Desa Kerangkulon sudah mencapai 80%. meskipun dalam beberapa hal masih ada catatan-catatan kecil yang perlu disempurnakan. (Panji AB)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply