KKN UIN WS, Kerangkulon Jadi Salah Satu Lokasi Pengabdian

Mahasiswa bersama Sekdes & Kepala Perpus Kerangkulon

Kerangkulon.desa.id

3 Oktober 2018, desa Kerangkulon kedatangan tamu dari UIN Walisongo Semarang. Mereka adalah 13 mahasiswa yang sedang menjalani tugas KKN. Para mahasiswa tersebut akan mengabdi selama 45 hari di desa Kerangkulon. Dengan tema “Posdaya Berbasis Masjid”, mereka berharap bisa memotivasi warga desa untuk lebih menghidupkan masjid sebagai pusat kegiatan kemasyarakatan.

Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan Riza, koordinator desa.

“Kami ditempatkan di posko 31, desa Kerangkulon selama 45 hari. Harapannya kami bisa mengabdi dengan baik, khususnya memberdayakan masjid sebagaimana yang Rasulullah lakukan dulu, tidak hanya menjadi tempat ibadah tapi juga pusat kegiatan kemasyarakatan,” ujar Riza.

Dewan Pembina Lapangan posko 31, Dr. Sulaiman, M.Ag, menuturkan bahwa salah satu tujuan dari KKN ini adalah memberikan pembinaan, pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa sebagai kader pembangunan masyarakat. Beliau menambahkan ada beberapa program kerja yang akan dilaksanakan berfokus pada beberapa bidang.

“Ada beberapa bidang konsentrasi pengabdian yang akan dilaksanakan, yaitu bidang keagamaan, pendidikan, kewirausahaan, kesehatan dan lingkungan. Untuk bidang lingkungan, rencananya akan dilaksanakan program penghijauan oleh para mahasiswa.”

Untuk tempat pengabdian pada kali ini, mahasiswa difokuskan di dukuh Demungwetan. Hal ini dikarenakan dua dukuh lainnya, yaitu Jati dan Kerangkulon, sebelumnya sudah mendapatkan kesempatan sebagai tuan rumah untuk mahasiswa KKN dari universitas lain.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply