Evaluasi Penilaian Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah di Kerangkulon

kerangkulon.desa.id (23/05/2019)

Bupati Demak H. M. Nasir mendampingi Tim Penilai Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah saat menilai Perpustakaan Desa Kerangkulon Kecamatan Wonosalam, Kamis, (23/5).

Tim Penilai Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Provinsi Jawa Tengah yang dipimpin Dra. Titik Rahayu, meninjau Perpustakaan Desa Kerangkulon Kecamatan Wonosalam, pada hari tersebut Kamis, (23/5) menjadi wakil Kabupaten Demak dan masuk dalam 8 besar perpusdes terbaik se provinsi Jawa Tengah.

Hadir pada kesempatan tersebut Bupati Demak H.M. Nasir , Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Demak Dra. Tatik Rumiyati, Sekretaris Dinpermasdes P2KB Kabupaten Demak Dra. Sri Setyaningdyah, Camat Wonosalam Dra. Sri Utami, serta unsur Muspika Kecamatan Wonosalam , perangkat Desa Kerangkulon , Ketua RT dan RW serta tokoh masyarakat dan undangan.

Bupati Demak mengucapkan selamat datang kepada Tim Penilai Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah bersama rombongan di Aula Desa Kerangkulon . “Tentunya kehadiran tim penilai lomba perpustakaan desa akan semakin memotivasi dan menginspirasi segenap stakeholders pembangunan dan masyarakat Demak untuk terus meningkatkan wawasan ilmu pengetahuan dan menggali potensi diri dengan meningkatkan minat baca sejak dini, sehingga dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan berpartisipasi dalam pembangunan bangsa,” ujarnya.

Dikatakannya, Pemkab Demak memberikan perhatian yang sangat besar terhadap dunia Literasi dengan mencanangkan Kabupaten Demak sebagai Kabupaten Literasi tentunya harus didukung munculnya Perpustakaan dan Pusat-pusat belajar masyarakat kabupaten Demak, sehinga dapat menumbuhkan minat baca sejak dini untuk meningkatkan kwalitas sumber daya manusia. “Karena di Kabupaten Demak jalan-jalan dan kegiatan fisik sudah bagus, maka Silahkan Dana Desa dipakai untuk peningkatan SDM,” tuturnya.

Disisi lain, Edi “Mbah Modin” Kusmanto selaku Kepala Perpustakaan Cempaka Desa Kerangkulon menyamapaikan Selamat datang dan Terima kasih atas kedatangan tim penilai dari Provinsi, yang kemudian dilanjutkan dengan Pemaparan Profil Perpustakaan Cempaka di hadapan para juri dan tamu undangan.

Sementara Zulaikah selaku perwakilan dari tim juri dari Provinsi Jawa Tengah mengatakan bahwa Perpustakaan Cempaka desa Kerangkulon sudah bagus untuk tingkat perpustakaan desa, ada beberapa hal yang harus menjadi catatan kedepan agar pengelolaaan perpustakaan akan semakin membaik, diantaranya adalah keberadaan dokumen digital harus pula diimbangi dengan dokumen fisik, sehingga dapat dijadikan sebagai dokumen laporan berkala, Struktur Organisasi perpustakaan diisi oleh kader dan volunteer yang sangat memahami tupoksinya.” ujarnya.

“Jangan lupa, rencana kegiatan harusnya di informasikan secara terbuka dengan tujuan akan banyak para penerima informasi yang bisa mengaksesnya.” pungkasnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip kabupaten Demak, Tatik Rumiyati menambahkan ucapan terima kasihnya, juga memotivasi agar segala yang telah diupayakan oleh para relawan perpusdes Cempaka semoga berakhir dengan capaian luar biasa.

“Semangat untuk terus melaju ke tingkat nasional, ya.” tanya beliau kepada para pengelola perpusdes Cempaka yang kemudian di jawab dengan pekikan kata Semangat dan tepuk tangan.

Harapan besarnya bukan lagi tentang laju kompetisi ke level Nasional namun bagaimana caranya agar transformasi perpustakaan betul betul mampu memberikan impact bagi pemberdayaan amasyarakat desa kerangkulon yang lebih luas. (PanjiDk)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply