Dapat Bibit, KKN UIN WS Ajak Warga Tanam Pohon

Kordes Tim KKN Posko 33 menerima bibit pohon secara simbolis dari Petugas Dinas LH dan Kehutanan Prov. Jateng

Kordes Tim KKN Posko 33 menerima bibit pohon secara simbolis dari Petugas Dinas LH dan Kehutanan Prov. Jateng

Kerangkulon, 06 Nopember 2018

Gerakan penghijauan kembali lahan dan pekarangan rumah menjadi salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh masyarakat dalam mengurangi efek pemanasan global yang menjadi isu paling hangat di akhir-akhir ini. Hal ini yang ditangkap oleh Tim KKN Posko 33 Universitas Islam Negeri Walisongo (UIN WS) Semarang di desa Kerangkulon kecamatan Wonosalam kabupaten Demak.
Gerakan penghijauan menjadi salah satu andalan program kerja Tim KKN posko 33 dalam kegiatan pengabdian masyarakat kali ini.

Petugas memasukkan 1000 bibit pohon bantuan dari Dinas LH dan Kehutanan Prov Jateng

Tidak kurang dari 1000 bibit pohon dari berbagai jenis yang berhasil didapatkan melalui upaya gigih untuk meloby Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Jawa Tengah di Semarang. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Desa Posko 33, Reza Basamalah.

 

“Alhamdulillah Pengajuan bantuan bibit di acc sama (dinas) kehutanan, mas. Jadi program kerja penanaman 1000 pohon bisa segera dilaksanakan. Insya Allah jum’at (09/11/2018) nanti pelaksanaannya mas. Tolong temen-temen pemuda Karang Taruna dibantu mensukseskan ya.” Terang Reza pecinta motor klasik.

 

Rencana pelaksanaan penanaman bibit pohon akan dilaksanakan pada hari jum’at, 09 Nopember 2018 nanti di sepanjang jalan desa dan jalan antar desa kerangkulon. Harapan terdekat dari upaya penghijauan ini agar supaya desa Kerangkulon menjadi lebih rindang dan sejuk serta asri, disamping pada tataran yang lebih jauh guna mengurangi pemanasan global.

Kordes Tim KKN UIN WS Posko 33, Reza Basamalah.

Tim KKN UIN Walisongo Semarang sendiri mulai diterjunkan di desa kerangkulon mulai tanggal 01 Oktober 2018 yang lalu, selain penghijauan program kerja yang sudah dan akan terus dilaksanakan sampai batas waktu penarikan kembali tim KKN antara lain Pendampingan Bimbingan Belajar bagi Anak SD, Asistensi pembelajaran TK dan PAUD, Pelatihan dan Sosialisasi di SMA dan SMK, Asistensi Katalogisasi buku-buku perpustakaan desa “Cempaka” serta turut membaur dan ambil bagian dalam kegiatan social di masyarakat kerangkulon, seperti yang dituturkan oleh Nandita Ayu Sulistyoningrum, salah satu Mahasiswa KKN Posko 33.

 

“Proker (program kerja) banyak mas, ada bimbel, pembelajaran di PAUD dan TK, Sosialisasi Kesehatan di SMK, bantu Katalog dan Input Buku Perpusdes, Ambil bagian di pengajian Ibu-ibu dan bapak-bapak, Join lomba BBKT Karta, Penghijauan pohon, pokok e banyak dan matoh deh.” Jawab Nandita dengan logat Bojonegoro.

 

Dalam kesempatan terpisah, Ahmad Saifudin Ridwan, kepala desa Kerangkulon menyambut kegiatan tersebut dengan sangat antusias dan menghimbau kepada mahasiswa KKN UIN WS untuk melaksanakan amanah yang didapat dari dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan sebaik-baiknya.

“Ya kegiatannya sangat positif sekali, Syukur sekali dapet bantuan bibit pohon. Yang penting ditanam dengan baik dan warga harus ikut menjaganya. Karena ini amanah yang sudah diberikan Dinas Kehutanan.” Pungkas pak Kades yang biasa dipanggil Mas wan.

Sabda Nabi Muhammad SAW :

Tidaklah seorang muslim menanam pohon, tidak pula menanam tanaman kemudian pohon/ tanaman tersebut dimakan oleh burung, manusia atau binatang melainkan menjadi sedekah baginya.” (HR. Imam Bukhari hadits no.2321).

Semoga kita termasuk orang-orang yang mendapatkan nikmat pahala sedekah dari menanam pohon. Aamiin. (PanjiDk)

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply