Buka Puasa Bersama, Kadinperpus dan Arsip Serahkan Bantuan 4 Komputer Server

Serah Terima Komputer Server Kunang-Kunang secara simbolis oleh Ibu Tatik Rumiyati kepada Sekdes Kerangkulon, Jumat (01/06/2018)

Kerangkulon.desa.id

Safari Ramadan  Perpustakaan Daerah  bersama dengan Perpusdes mitra Perpuseru binaan Cocacola Foundation digelar. Puasa hari ke-17, kegiatan tersebut diselenggarakan di Gedung serba guna Desa Kerangkulon Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak.

Acara dibuka dengan lantunan sholawat yang dilantunkan oleh anggota perpustakaan yang tergabung dalam grup “Hubbul Maktabah” perpusdes cempaka kerangkulon.

Dalam kesempatan itu, Ibu Dra. Hj. Tatik Rumiyati  menyerahkan bantuan computer server Aplikasi kunang-kunang kepada 4 desa yang beruntung.  Keempat desa tersebut adalah Desa Kerangkulon, Desa Jogoloyo, Desa Tlogorejo Karangawen dan Desa Mandung Wedung.

Dok, Pribadi

Komputer server tersebut merupakan bantuan dari Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) bagi Desa yang komitmen mengembangkan layanan perpustakaan desa berbasis IT dan aktif mendokumentasikan kegiatan-kegiatan pelibatan masyarakat, layanan IT dan advokasinya secara online melalui fasilitator.perpuseru.org.

Dari keempat desa tersebut di atas telah mengirimkan perwakilan dari perpustakaan desanya untuk mengikuti pelatihan Sistem Informasi Manajemen (SIM) KunangKunang pada awal bulan Mei kemarin di Bekasi. KunangKunang ini merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Tim IT Perpuseru CCFI sebagai control terhadap pengguna layanan internet di perpustakaan desa. Kelebihan dari aplikasi ini adalah pengurus perpustakaan dapat mengecek pemakaian layanan internet di perpustakaan secara real time, dimanapun dan kapanpun selama terhubung jaringan internet.

“Dengan adanya bantuan computer server ini semoga dapat digunakan semaksimal mungkin sehingga mampu membawa manfaat dan dampak yang lebih bagus terhadap pelayanan perpustakaan di desa,” jelas  Ibu Tatik, Jumat (1/6/2018).

Selain itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip memberikan informasi terkait dengan rencana pengiriman delegasi Peer Learning Meeting (PLM) yang akan di selenggarakan oleh CCFI di Yogyakarta pada bulan Juli mendatang .

Sedangkan dalam sambutan lain, H. Sofiyan, S.E, A.kt Selaku Sekretaris Kecamatan menghimbau agar para pegiat perpusdes melakukan aktifitas literasi dengan hati (keikhlasan) agar bernilai ibadah di Mata Allah SWT. Impact dari pekerjaan yang dilakukan dengan hati tentu berbeda dengan yang dilakukan asal-asalan.

Dok. Pribadi

Acara dihentikan sejenak kala adzan maghrib berkumandang, seluruh peserta menikmati takjil dan buka bersama dengan menu khas telur asin asap binaan dari Perpustakaan Desa Cempaka Kerangkulon.

Setelah santap makan usai, kegiatan dilanjutkan dengan Diskusi dan pemantapan materi tentang pengelolaan perpustakaan, pembahasan teknis persiapan PLM kemudian Succes story kegiatan PLM di tahun 2017 oleh Coach Umi, Fasilitator CCFI Mbak Nia, mas rony dkk. Dalam kesempatan tersebut Mbak Badiatul Chusnia fasilitator dari CCFI mengingatkan kepada peserta yang nanti akan berangkat akan pentingnya solidaritas dan kekompakan tim karena hal tersebut menjadi nilai lebih dari kabupaten Demak, sehingga predikat The Best Lapak dapat dipertahankan di tahun ini.

Dok. Pribadi

Semoga harapan dari seluruh pegiat literasi di kabupaten demak dapat terwujud, dengan dukungan pihak pemerintah desa dalam mengakomodir kepentingan membumikan buku di desany masing-masing penulis yakin kelak generasi yang akan datang secemerlang bintang di langit. (PanjiDk)

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply