Bangun Embung, Sumber Daya Air Tertampung

Peninjauan Pembangunan Long Storage di Dk Kerangkulon

 

Desa Kerangkulon,  19/10/2017

Embung Desa merupakan salah satu 4 Program Prioritas Penggunaan Dana Desa Oleh Kementerian Desa PDTT. Fungsi dari embung itu sendiri adalah menjaga ketersediaan air saat kemarau dan sebagai tandon atau penampung air saat musim penghujan. Begitu brsarnya manfaat Embung Desa membuat keyakinan bagi pemerintah desa kerangkulon kecamatan wonosalam kabupaten Demak untuk merealisasikan program tersebut.

Ya,  Long Storage adalah sejenis penampungan air permukaan dengan bentuk memanjang yang berfungsi untuk menanggulangi kelebihan air (drainase) ketika musim hujan dan sebagai sumber irigasi suplementer/tambahan pada musim kemarau.

Dengan memanfaatkan Daerah Aliran Sungai dengan panjang tertentu untuk dijadikan penampungan air jangka panjang. Lalu menambah lebar dan kedalaman sungai sehingga volume sungai menjadi lebih besar maka secara otomatis daya tampung long storage bisa lebih maksimal. Setidaknya ketika musim kemarau tiba pasokan air yang ada mampu mencukupi kebutuhan pertanian maupun masyarakat sekitar.

Sekcam Wonosalam H. Sofiyan beserta TPK desa Kerangkulon meninjau lokasi pembangunan Long Storage di Desa Kerangkulon

Long storage yang terdapat di desa Kerangkulon Wonosalam Demak memiliki panjang 2.5 km, lebar atas 18 m,  bawah 15 m dan kedalaman 3 m dapat memberikan layanan irigasi pada laham seluas 900 ha.

Semoga dengan adanya long storage pemanfaatan y benar-benar dapat dirasakan oleh Masyarakat Desa Kerangkulon. (Panji Ab).

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Leave a Reply